Kamis, 05 Februari 2009

Pengalaman Pertamaku

Sebagai Wakil Ketua MGMP IPA SMP Kota Semarang untuk Periode 2007 - 2009, pada bulan Desember 2008 kami memperoleh Block Grant untuk mengadakan workshop guna meningkatkan kemampuan guru IPA SMA se-Kota Semarang dari LPMP Jateng.

Setelah begitu lama saya menanti kesempatan ini maka pintu itu akhirnya sedikit terbuka. Di bulan Desember 2008 pada saat saya dan rekan-rekan mengadakan workshop untuk guru-guru IPA SMP se-Kota Semarang di SMP Negeri 40, Jl. Suyudono Semarang, kami kedatangan seorang nara sumber. Saya belum pernah ketemu dengan beliau. Dalam penyampaian materinya beliau sering mencampurnya dengan menggunakan Bahasa Inggris. Jujur saja saya belum pernah menemukan pembicara yang menguasai dalam percakapan bahasa inggris seperti pemateri tersebut. Saya semakin tertarik untuk mengikuti materinya dan akhirnya saya memperoleh kesempatan untuk mengemukakan pendapat dengan menggunakan Bahasa Inggris. Pada moment inilah sepertinya rekan-rekan guru IPA mulai ada yang tahu kalau saya sedikit bisa berbahasa Inggris.
Belakangan baru saya tahu bahwa beliau adalah seorang dosen di Unnes dan sekaligus sebagai konsultan sekolah RSBI di Jawa Tengah. Akhirnya saya tertarik juga untuk melamar sebagai asisten beliau untuk sharing pengalaman nantinya dengan guru-guru sekolah RSBI di Jawa Tengah.

Setelah itu saya bertemu dengan seorang rekan guru dari SMP Negeri 6 Semarang, masih mudah tetapi sungguh luar biasa dengan usianya yang muda tersebut ternyata beliau sudah menyelesaikan gelar S-2 nya. Luar biasa.

Beliau mengadakan pendekatan di sekolah yang bersangkutan, mencoba menanyakan kepada rekan-rekannya, siapa saja yang tertarik untuk belajar Bahasa Inggris. Akhirnya diperolehnya sejumlah nama yang bersedia ikut dalam pelatihan tersebut.

KENAPA DIMATA SAYA MEREKA INI ADALAH GURU-GURU YANG LUAR BIASA ?
Alasannya sederhana saja. Mereka melakukan iuran alias bayar sendiri untuk bisa mengikuti pelatihan yang saya berikan ini.
Dengan inisiatif mereka yang seperti ini membuat saya harus betul-betul ekstra keras untuk bisa menjadikan bahasa inggris mereka berkembang dengan sangat pesat.

APA KOMITMEN SAYA KEPADA MEREKA ?
Saya ingin menjadi guru-guru di SMP Negeri 6 Semarang adalah guru yang terbaik dilihat dari sisi penyampaian materi pelajarannya dengan menggunakan Bahasa Inggris. Kalau bisa, saya akan membuat mereka bisa mengalahkan guru-guru yang saat ini sudah mengajar di sekolah RSBI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar