Kamis, 05 Februari 2009

Tutorial I di SMP Negeri 6 Semarang

Memberikan Pelatihan di SMP Negeri 6 ini sesungguhnya adalah tugas berat dan sekaligus sebuah tantangan untuk saya.
Kenapa ?
Mari kita lihat. Silahkan Anda bertanya di lembaga kursus bahasa inggris manapun. Untuk mencapai tingkat conversation rata-rata diperlukan 5 hingga 10 level, dimana setiap levelnya membutuhkan waktu rata-rata 3 bulan dengan durasi 2 x seminggu.

Saya harus berupaya dengan keras untuk memberikan pelatihan ini kepada mereka dengan durasi hanya 10 x 2 jam. Doa kan ya semoga berhasil ... Amien ...

Hari ini, Rabu, 29 Januari 2009 adalah hari pertama saya memberikan pelatihan di SMP Negeri 6 Semarang.
Ada 6 peserta yang mengikuti pelatihan hari ini yaitu : Ibu Andi, Ibu Yustina, Ibu Nunik, Ibu Hari, Ibu Siska, Ibu Tuti, Ibu Yanti dan Bp. Sutikno.

Materi yang saya sampaikan pada saat ini adalah materi grammar dasar dan saya juga mengecek pemahaman-pemahaman dasar yang telah mereka miliki, seperti pengetahuan mengenai :
Angka, hari, bulan, pengucapan tahun, kata ganti orang, kata ganti milik dan greeting.

SIMULASI
Setelah menyampaikan materi-materi dasar dan pengecekan kemampuan peserta maka segera lah dimulai pada bagian yang paling menarik dari pelatihan ini, yaitu simulasi dari keadaan nyata yang dihadapi peserta sehari-hari.

Dalam penyampaian simulasi ini kita harus berhati-hati jangan sampai peserta merasa takut lalu menjadi beban bagi mereka. Saya harus meyakinkan berkali-kali kepada mereka bahwa sebetulnya latihan ini adalah untuk kemajuan mereka dan saya ini adalah teman-teman mereka yang akan membantu mereka agar bisa dengan cepat menguasai percakapan bahasa inggris. Setelah pendekatan bisa saya lakukan dengan sangat baik, maka saya bisa menjalankan SIMULASI ini dengan lancar dan peserta merasa senang.

Dari semua yang saya siapkan hanya 1 kali pertemuan per minggu, mereka minta menjadi 2 kali per minggu. Ini menunjukan pendekatan yang saya lakukan kepada mereka berhasil dan mereka merasa enjoy untuk belajar di pelatihan ini.

PENGALAMAN LUCU :
Berikut saya sampaikan dan sekaligus membuktikan bahwa ternyata kita juga bisa menjadi guru yang lucu, lihatlah percakapan simulasi yang saya berikan di bawah ini :

X (Guest, he knocks the door) = Good morning !
Y (Teacher) = Good morning, please come in ! The door is not key !

Si guru sebetulnya mau bilang begini :
"Selamat pagi, silahkan masuk ! Pintunya tidak terkunci !"

Selama ini yang kita ketahui KUNCI = KEY jadi tinggal dimasukkan aja PINTUNYA TIDAK TERKUNCI = THE DOOR IS NOT KEY.

Itu mah ... artinya :...Silahkan masuk Tuan ! Pintunya bukan anak kunci koq ....?
Akhirnya peserta pelatihan ketawa semua ....
Sekaligus rekreasi dong ...

Mau memberikan masukan, komentar, silahkan layangkan email Anda di :
sudarmanrianto@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar