Kamis, 05 Februari 2009

Ratusan Juta Per Tahun

Saya dengan informasinya bahwa pemerintah mengucurkan dana yang sangat besar untuk mensukseskan program sekolah RSBI. Katanya bisa mencapai ratusan juta rupiah per tahun. Dana tersebut sebagian digunakan untuk meningkatkan kualitas guru RSBI. Salah satunya adalah untuk peningkatan kemampuan percakapan bahasa inggris para guru bidang studi.
Akan sangat bijaksana apabila para kepala sekolah RSBI bisa mengupayakan agar para gurunya bisa melakukan percakapan bahasa inggris di depan kelas.

SIAPA TUTOR YANG TEPAT
Banyak dosen dan professor yang diundang untuk memberikan pelatihan bahasa inggris kepada para guru. Status yang berbeda jauh membuat para guru agak sungkan dalam berinteraksi dengat tutor tersebut. Mereka mengikuti program pelatihan tersebut dengan rasa takut. Akhirnya mereka merasa stress dan tidak enjoy mengikuti pelatihan tersebut.

Dari sisi TUTORnya yang terpenting adalah mereka sudah memberikan materi pelatihan. Mengenai nantinya mereka paham atau tidak, dipersilahkan untuk mendalami sendiri.

Sekarang kalau pihak sekolah mengundang tutor dari lembaga kursus Bahasa Inggris. Kebanyakan tutornya tidak mengetahui kondisi sesungguhnya di dalam kelas, di sekolah kita masing-masing. Contoh-contoh yang diberikan tidak bisa aplikatif sehingga sebetulnya 40 % nya adalah sia-sia.

LALU SIAPA TUTOR YANG TEPAT
Tutor yang tepat buat mereka adalah tutor yang setingkat dengan mereka, yang menguasai betul KBM di dalam kelas. Mereka itu adalah para guru, tetapi harus guru yang mempunyai kemampuan penguasaan materi pelajaran dan sekaligus juga harus mempunyai tingkat pronunciation tinggi.

Kemampuan pronunciation yang tinggi ini sangat diperlukan untuk meningkatkan rasa percaya diri bagi peserta pelatihan.
Seseorang yang mempunyai tingkat pronunciation yang tinggi akan mempunyai rasa percaya diri yang besar untuk berani berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris di muka umum.

Anda punya komentar dan saran ? Silahkan kirim email ke : sudarmanrianto@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar