Sabtu, 07 Februari 2009

KENAPA GURU TIDAK PD BERBICARA DALAM BAHASA INGGRIS ?

PERCAYA DIRI
Adanya kepercayaan diri akan membuat sesuatu lebih optimal hasilnya. Percaya diri akan muncul secara otomatis apabila kita mempunyai kompetensi di bidang tertentu. Sebagai contoh misalnya apabila kita mengetahui secara tepat mengenai semua aspek fotosintesis maka kita akan menerangkan materi tersebut dengan penuh percaya diri karena memang kita mampu mengusai informasi yang berkaitan dengan hal tersebut diatas.
Sebaliknya apabila kita tidak menguasai tentang fotosintesis maka tentu saja kita merasa tidak percaya diri apabila kita ingin menjelaskan permasalahan tersebut. Selalu ada rasa ketakutan apabila nantinya ada orang yang ingin mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal seputar fotosintesis.

Bagaimana agar kepercayaan diri bisa muncul ketika guru berbicara dalam Bahasa Inggris ?
Ada beberapa tips agar guru bisa mempunyai kepercayaan diri yang besar ketika mereka bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris :
1. Grammar harus benar.
Mau tidak mau, suka tidak suka, Grammar adalah mutlak diperlukan. Kalau ada orang yang mengatakan bahwa Grammar itu tidak perlu, mungkin kita harus bertanya pada orang itu, "apakah Anda sudah menguasai Grammar ?". Saya yakin orang tersebut juga tidak menguasai Grammar. Jadi dia mengeluarkan statement seperti itu untuk menutupi kekurangannya.
Lalu kenapa dia bisa mengeluarkan statement seperti itu ? Karena dia ataupun orang lain merasa kesulitan dalam penguasaan Grammar. Kenapa penguasaan Grammar bisa menjadi sesulit itu ? Guru Bahasa Inggris tidak menyampaikan materinya secara sistematis. Hal ini membuat siswa menjadi kebingungan untuk membedakan antara tense yang satu dengan tense yang lain. Lagi pula, penekanan dalam pembelajaran selalu dengan lebih mengutamakan Pola-Pola Tense tersebut.
Pengalaman saya mengajar Bahasa Inggris lebih ke arah aplikatif sehingga dengan demikian peserta didik akan lebih tertarik untuk belajar karena memang apa yang dia pelajari bisa diterapkannya langsung di dalam kegiatan mereka sehari-hari. Seharusnya para guru pun harus memberikan contoh-contoh yang aplikatif sehingga murid bisa merasakan perbedaan diantara tense yang jumlahnya belasan tersebut (kalimat aktif dan pasif).

2. Kualitas Pronunciation Harus Prima
Tehnik mengucapkan kata-kata dan penyambungan kata-kata menjadi sebuah kalimat harus sebaik mungkin agar diperoleh pronunciation yang baik. Dengan trik khusus yang dipandu oleh pengajar yang berpengalaman, ternyata tidak lah sulit bagi setiap orang untuk menguasai bahasa inggris dengan kualitas vokal yang baik.
Tehnik penyambungan kata untuk menjadi sebuah kalimat memang sangat mutlak diperlukan karena kemampuan telinga kita untuk menangkap arti dari kalimat yang diucapkan oleh Native Speaker juga tergantung bagaimana kecepatan dan tehnik kita dalam melakukan pronunciation.

Kalau kedua hal tersebut diatas sudah bisa dilakukan maka rada percaya diri pasti akan muncul pada diri Anda ....

1 komentar:

  1. bapak, saya ingin menanyakan tentang , apa sebenarnya MBS ( Manajemen Berbasis Sekolah ) dan apa hubungannya dengan RSBI ?trmksih.

    BalasHapus