Minggu, 25 Januari 2009

Keprihatinan

Dari hasil pengamatan saya, kemampuan guru dalam berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris sangat minim. Bahkan ada guru bahasa inggris yang tidak bisa berkomunikasi secara lisan. Kalau pun bisa, pronunciation (pengucapan) mereka sangat kaku sehingga kurang indah didengarkan oleh telinga. Kebanyakan guru-guru kita ini mampu dalam mengerjakan permasalahan grammar saja.
Kalau guru bahasa inggris saja banyak yang seperti itu, bagaimana dengan kualitas bahasa inggris dari guru-guru yang mengajar bidang studi lain ?

Di RSBI, guru dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris dengan baik dan menarik. Bahasa Inggris yang baik dan benar yang disajikan oleh para guru bisa memotivasi siswanya untuk lebih menyukai Bahasa Inggris.
Pengalaman saya di lapangan menunjukkan masih sangat banyak guru di sekolah RSBI yang grammarnya masih amburadul dan pronunciation yang parah.

Banyak juga guru yang membentengi terlebih dahulu sebelum bertempur dengan berkata kepada murid-murid mereka :
"Anak-anak, kita belajar bersama Bahasa Inggrisnya ya ? Bisa saja nanti saya belajar dari kalian karena kalian lebih pintar dalam Bahasa Inggris "

Saya tidak menyukai hal yang seperti itu. Itu artinya mengecilkan kemampuan guru. Guru harus mempunyai kompetensi diatas siswanya. Yang saya inginkan adalah agar guru mempunyai kebanggaan bisa bicara dengan menggunakan bahasa inggris yang baik dan benar sehingga bisa memotivasi siswanya untuk belajar dengan lebih baik.

1 komentar:

  1. Saya tertarik juga untuk mengetahui program anda lebih jauh. Bisakah untuk memberikan presentasi di sekolah kami ?

    BalasHapus