Rabu, 11 Februari 2009

Tutorial ke-3 di SMP Negeri 6 Semarang

Rabu, 11 Februari 2009 adalah tutorial saya yang ketiga di SMP Negeri 6 Semarang.
Pelatihan dimulai pada pukul 14.15 hingga 16.15.
Materi yang saya sampaikan adalah semua variasi PAST, yang terdiri dari kalimat aktif dan kalimat pasif.

Ada sekitar 26 slide saya siapkan pada pelatihan hari ini.
Materi saya sampaikan dengan cara sederhana sehingga mudah untuk dipahami.
Tidak lupa pula motivasi terus saya alirkan agar peserta bersemangat di dalam mengikuti pelatihan ini.

Setelah program grammar disampaikan maka selanjutnya masuk ke program simulasi.
Pada program simulasi inilah seringkali terjadi adegan-adegan lucu karena memang kebanyakan peserta mengartikan kata demi kata sehingga kadang-kadang justru menimbulkan arti yang lucu.

Tidak lupa saya memberikan penekanan bagaimana cara pengucapan yang benar.
Kalau ingin bisa mengucapkan pelafalan bahasa inggris seperti native speaker, mulut memang harus direlakan untuk ditekak-tekuk agar bisa memperoleh vocal yang prima.

Pada simulasi kali ini diperagakan ada seorang tamu yang mengunjungi ke kelas siswa dan terjadi percakapan antara tamu tersebut dengan siswa yang ada disana.

Tamu memanggil seorang siswa untuk maju ke depan kelas, menanyakan nama siswa, bagaimana perasaan mereka bersekolah disana, menanyakan bagaimana cara mereka pergi ke sekolah.
G : "Selamat pagi anak-anak !"
S : "Selamat pagi pak !"
G : "Bagaimana kabar kalian ?"
S : "Kami baik-baik saja pak"
G : "Maaf, kamu, siapa namamu ? Tolong maju ke depan kelas"
S : "Nama saya Sonny pak"
G : "Apakah kamu senang bersekolah disini ?"
S : "Ya, pak, saya senang sekali bersekolah disini"
G : "Apa cita-cita mu ?"
S : "Saya mau menjadi seorang dokter pak"
G : "Pelajaran apa yang paling kamu sukai ?"
S :"Saya paling menyukai pelajaran Fisika"
G : "Kamu ke sekolahnya naik apa ?"
S : "Saya sekolahnya jalan kaki pak"
G : "Baiklah, silahkan kamu kembali ke tempat dudukmu!"
: "Anak-anak, silahkan kalian melanjutkan pelajaran kalian"

Kemudian percakapan dilanjutkan antara tamu dan kepala sekolah yang sejak semula menemani tamu untuk melihat beberapa lokasi di sekolah tersebut.
G : "Dimana perpustakaannya ?"
H : "Di sebelah sana Pak, mari saya temani Anda"

Tidak terasa, waktu 2 jam berlalu dengan cepat. Hal ini menunjukkan bahwa antusiasme peserta cukup tinggi.
Untuk memberikan simulasi yang sesuai dengan kebutuhan para peserta memang diperlukan wawasan yang luas.
Simulasi inilah yang sebenarnya menjadi muara aplikasi dari semua pelajaran mengenai grammar yang telah disampaikan kepada para peserta.
Tutor harus mampu mengkaitkan semua grammar yang diberikan dalam percakapan sehari-hari.

Sebagai informasi tambahan, mulai tahun ajaran baru 2009/2010, SMP Negeri 6 Semarang mulai merintis untuk membuka program bilingual dan diharapkan pada tahun 2010/2011, SMP ini bisa memperoleh lisensi untuk menjalankan PROGRAM RSBI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar